Saturday, March 3, 2018

"Info Dong, Bro!"

Gue bingung kalimat pembukanya apa ya secara udah lama banget ngga nulis. Tapi semoga kalian yang baca ini dalam keadaan sehat semua. Amin. 

Btw langsung aja yaa. 

Kalian sebel nggak sih, kalau ada temen kalian yang entah kapan terakhir kali nyapa atau ngobrol sama kalian, sekalinya nyapa cuma nanya info lowongan kerja atau bahkan minta kalian untuk masukin dia kerja di tempat kalian kerja? Gue sering banget! Dan secara personal, gue sebel.

Gini-gini, sebelum elu ngejudge gue "Ah gitu aja bete", "Ah nggak asik lu, bukannya bantuin temen", "Temen minta tolong bukannya bantuin malah dibikinin tulisan kaya gini" atau perkataan apapun itu. Stop!

Kenapa gue berani nulis kaya gini? Karena masih ada orang-orang yang berpikir dan merasa bahwa hal kaya gitu wajar. 

Secara personal, gue sebel emang. Coba kalau elu-elu yang udah lama banget nggak nyapa temen elu dan tiba-tiba nyapa "Eh info lowongan dong", "Pik, di kantor elu ngga ada lowongan apa?", "Masukin gue di kantor elu dong", dan kata-kata lainnya yang intinya sama. 

Please! Please! Please! Apakah selama kuliah kalian ngga diajarin nyapa orang yang udah lama ngga kalian sapa? Eh emang ngga ada mata kuliahnya sih.

Justru gue sangat menghargai dan membantu mereka yang nyapa dari awal, nanya kabar, nanya sekarang sibuk apa atau obrolan-obrolan sederhana lainnya. Ya meskipun gue udah tau maksud dan tujuannya, tapi ini SANGAT JAUH LEBIH BAIK. Ada obrolan pembuka yang baik sebelum point-point penting yang emang jadi tujuan utama. Maka membangun relasi komunikasi yang baik antar teman sangat penting ketika elu-elu butuh pekerjaan. Jangan udah nggak pernah nyapa sama sekali, tiba-tiba ngechat "Eh info lowongan dong". Coba bayangin perasaan si lina jobstreeet.

Karena tanpa elu minta, teman pun kalau punya info lowongan pekerjaan pasti akan ngasih itu ke elu duluan sebelum ke orang lain. Kenapa? Karena hubungan elu dengan teman elu baik, komunikasi lancar, kaya gitu tuh udah alurnya (mulai sotoy).

Sekarang curhat yang lebih pribadi nih. Jadi, gue udah lama banget nih jadi pengacara (baca: pengangguran banyak acara). Udah nganggur, kuliah terlantar, tapi gue bersyukur gue masih punya tenaga untuk menulis surat lamaran kerja, browsing info lowongan kerja sampai keliling taruh langsung surat lamarannya. Dipanggil interview? Alhamdulillah banyak dipanggil. Diterima? Rezeki gue bukan di situ :) Kenapa gue nggak minta info lowongan kerja sama temen-temen gue yang udah pada kerja? Sederhana. Gue masih punya tenaga dan gue belum mau minta-minta atau bahkan maksa temen gue buat masukin gue di kantornya. "Lah itu kan namanya koneksi, Pik." Ya, betul. Tapi gue hanya belum mau. Karena gue kalau seperti itu gue akan berutang budi sepanjang karir gue. Belum rasa-rasa nggak enak kalau ternyata kerja gue emang nggak memuaskan. Secara penilaian orang standarnya beda-beda. Kalau kaya gitu, gue nggak takut ditegur atasan tapi gue takut temen gue yang ditegur atasan atas kinerja gue yang kurang memuaskan. "Emang elu aje yang kerjanya nggak bener, Pik." Bagaimana kalau kerja gue udah bener dan baik sesuai prosedur namun ternyata emang kurang memuaskan? Yang tadi gue bilang, standar penilaian kerja tiap orang berbeda.

Sekarang giliran perilaku temen yang udah lama nggak nyapa kemudian nyapa cuma minta lowongan kerja. Begitu udah masuk kerja, dia lupa siapa yang ngasih info kerjaan. :)))

Gue sering banget ngalamin. Bahkan ketika gue lagi nganggur senganggur-nganggurnya orang nganggur yang butuh banget kerjaan.

Beberapa temen lama gue ngechat dan langsung to the point. Momennya kebetulan gue lagi punya banyak info. Nyebelin sih emang ketika temen elu (deket banget juga nggak) udah lamaaaaaaaaa banget nggak nyapa (bahkan di sosmed) tiba-tiba minta info lowker. Karena niat gue bantu mereka, barangkali mereka lagi butuh banget duit daripada gue pinjemin duit ntar bisa kagak balik ya mending gue kasih info tersebut.

Singkat cerita, kami udah ngga saling nyapa lagi nih. Gue tau kabar dia dari sosmed bahwa dia udah kerja di perusahaan yang gue kasih tau. Senangnya bukan main woy! Namun, rasa senang itu berubah jadi sebal. Bukan iri atau dengki. Nggak ada ucapan terima kasih. Sama sekali. Ini gue masih bisa terima karena gue hanya ngasih info lowkernya aja. Berarti emang dia usahanya bagus. Lalu terbesit dalam benak jahat gue "Hmm coba elu nggak nanya itu dan gue ngga ngasih itu ke dia, belum tentu dia kaya sekarang.."

Wajar nggak gue punya pikiran kaya gitu?

Ada yang lebih parah sampai gue sakit hati banget. Temen gue ini terakhir nyapa itu waktu kapan ya lupa gue juga. Udah gitu cuma sekedar kenal doang pula. Gue kasihlah dia sebuah lowongan kerja dengan posisi yang cukup enak di perusahaan yang punya nama juga. Udah gue kasih infonya, tinggal kirim email atau taruh langsung, pake drama segala minta bantuan 'orang dalem'. Kebetulan gue HRD-nya mitra kerja perusahaan gue juga, dan sama gue pun cukup dekat. 

Maka gue minta tolong lah sama HRD-nya blablabla. Karena di perusahaan itu enang lagi perlu banget, usut punya usut temen gue nggak pake test masuk. Interview, besok langsung kerja. Nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Seminggu berlalu, HRD-nya telepon gue. Dia ngomong 
"Mas Fikri, teman kamu yang kemarin kamu bilang itu namanya ini kan?" 
"Iya, Pak. Hehehe makasih banyak lho, saya jadi nggak enak."
"Serius, Mas Fikri?"
"Serius, Pak. Emangnya kenapa, Pak? Dia kerjanya nggak bagus ya?"
"Saya tanya ke dia kamu temannya Fikri tapi dia jawab nggak kenal..."

Kecewa banget cuy! Gue kira cuma ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya udah paling sakit, ternyata digituin lebih sakit. Apa yang gue lakuin? Gue cuma berdoa semoga hal-hal positif yang gue share ke orang lain jadi tabungan gue ketika gue lagi susah. Setelah kejadian itu, gue memutuskan untuk menghapus satu nama orang dari hidup gue. Berlebihan? Rasain dulu digituin. Baru DM gue di Instagram gimana rasanya.

Dari pengalaman-pengalaman itu lah kenapa gue sebel banget sama orang-orang yang tiba-tiba nyapa hanya nyari keuntungan sendiri. "Lu pelit banget sih sama info gitu-gituan." Bos, kalau elu dari awal ngobrolnya baik, nggak langsung ke poin, atau mungkin kayak pedekate dulu bar ngomong tujuannya, wah nggak mungkin nggak ada orang yang nggak bantuin.

Tapi masih ada beberapa temen yang emang nanya-nanya kesibukan dulu baru besok-besoknya to the point. Gue pun selalu ngasih info kalau memang ada. "Kenapa nggak elu aja yang ngelamar sendiri?" Karena gue sadar diri bahwa kualifikasi nggak sesuai sama isi CV gue. Meksipun gue nganggur, gue sangat senang sekali membantu teman-teman gue yang emang butuh pekerjaan, cuma banyak diantaranya nggak mengerti etika. Sangat disayangkan sekali tetiba datang langsung berbicara tujuan tanpa ada awal percakapan yang baik. 

Terakhir, untuk semua yang merasa pernah dibantu oleh gue (ekekek itung-itungan) kalian harus tau gue menulis ini agar kelak ketika kalian perlu bantuan kalian tau bagaimana membangun komunikasi yang baik sebelum kalian mengutarakan tujuan kalian. Gue sangat senang kalian-kalian bisa kerja enak dikantoran dengan gaji yang cukup besar buat seumuran kalian. Mungkin ada beberapa yang mendoakan gue, terima kasih banyak.

Gue? Sekarang? Alhamdulillah gue kerja di rumah. Menjalani hobi yang sangat gue cinta dan digaji lebih besar dari harapan gue. Gue nggak merasa capek, jenuh, atau bahkan ingin resign. Gue sangat amat mencintai pekerjaan baru gue yang sekaligus hobi ini. Meskipun hanya kontrak sampai 6 bulan ke depan, tapi apa yang gue dapat ini sangat jauh dari apa yang gue pernah dapat sebelumnya. Atau mungkin lebih jauh juga dari kalian, orang-orang yang gak ada juntrungannya tiba-tiba minta kerjaan sama pengangguran. Sombong? Pamer? Kalau tujuannya positif mah ya santai aja kali~ 

Terima kasih kepada pihak siapapun yang mendukung dan mendoakan. Gue selalu yakin bahwa apa yang gue tanam adalah apa yang gue petik. Apa yang ada di otak gue malam ini sangat random. Tiba-tiba ingin ngomel-ngomel di blog soal perilaku kurang bagus. Tapi niat gue menulis ini bukanlah menyinggung atau menghina satu pihak, namun mengingatkan kembali bahwa penting sekali membangun komunikasi yang baik antar sesama teman agar jika dikemudian hari kamu butuh bantuan orang-orang sekitarmu akan datang dengan sendirinya secara sukarela tanpa kamu mohon-mohon bantuan.

Akhir kata, apa ya? Ya pokoknya elu tau diri lah. Nyapa nggak pernah, ngechat nggak pernah, nanya kabar apalagi. Ehhh tiba-tiba minta info lowongan kerja bahkan sampai maksa masukin kerja, bukannya nggak mau nolongin atau mau ngasih. Tapi cara elu bener nggak? Sopan nggak? Baik nggak? Kalau ada yang baca ini terus merasa tersinggung atau bahkan nggak sepemikiran, gue orangnya sangat santai dan membuka pikiran. Bahwa isi kepala orang beda-beda dan nggak bisa dipaksakan biar sama.

Yaudahlah ya udah jam setengah 2 pagi. Maaf sekali gue udah lama nggak nulis di blog, sekalinya nulis marah-marahin orang hehehe. Semoga gue jadi rajin nulis lagi. Amin.

Wassalam.





Ps: ini berlaku juga buat yang mau minjem duit alias ngutang

No comments:

Post a Comment

Membunuh Hati Yang Sudah Mati

Jatuh cinta kepada seseorang bisa membuatmu berubah. Itu bagus jika ia membuatmu jadi orang yang lebih baik. Bagaimana jika sebalikny...